5 Cara untuk Melindungi Akun Media Sosial

Sekarang ini dunia sedang dikagetkan dengan berita mengenai penyalahgunaan data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica yang merupakan perusahaan perusahaan analisi data dan konsultan publik asal Inggris.

Kasus ini menjadi viral dikarenakan banyak dari pengguna Facebook di dunia yang menjadi korban dari penyalagunaan data tersebut sehingga tanpa sepengetahuan sang pemilik akun, data pribadi mereka menjadi konsumsi oknum-oknum tidak bertanggungjawab.

Berkaca dari hal ini, berikut cara-cara agar kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan akibat dampak dari penggunaan media sosial.

 

1. Jangan Terlalu Banyak Membuat Akun

Pilihlah akun media sosial yang menurut kamu penting dan berguna untuk keseharianmu. Jangan terlalu banyak menggunakan berbagai aplikasi media sosial karena itu bisa membuatmu juga lengah dalam menjaga privacy dan aktifitas yang ada di dalam setiap media sosial tersebut.

 

2. Hindari Informasi Yang Berlebihan

Terkadang berbagai media sosial meminta kita untuk memasukan data pribadi secara detail. Untuk itu cukup masukan informasi yang sekiranya penting seperti nama, gender dan ulang tahun.

 

3. Awasi Aktifitas Akun

Selalu bersikap waspada terhadap aktifitas akun mu, jika ada pengaturan mengenai keamanan akun seperti login authentication atau verifikasi lainnya segera gunakan fitur tersebut untuk menghindari akunmu disalahgunakan atau diretas.

 

4. Deactive Account

Dari pada kamu punya banyak akun dan beberapa sudah kamu jarang gunakan, lebih baik kamu deactive account  tersebut. Hal ini sebaiknya dilakukan agar tidak ada oknum yang bisa mengambil data kamu secara diam-diam dan menggunakannya untuk kepentingan yang tidak benar.

 

5. Selalu Aware Terhadap Perkembangan Yang Ada

Media sosial dan perkembangan teknologi yang tidak terbatas membuat semua orang wajib untuk bisa selalu keep update dengan berita yang ada, untuk itu sebaiknya kamu selalu ikuti perkembangan yang ada di diluar sana seperti membaca berita, artikel, isu dan yang lainnya sebagai bentuk dari tindakan berjaga-jaga akan serangan cyber yang ada.

 

(sumber: Kumparan.com)

 

 

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates

403 Forbidden