5 Nutrisi Untuk Menurunkan Rasa Cemas

 

Kecemasan seringkali datang saat situasi sedang tak menentu seperti serangan teror bom Surabaya yang menyerang Indonesia beberapa hari terakhir.

Namun, cemas yang berlebihan hanya bakal makin memperkeruh suasana.

Pikiran yang tenang sangat dibutuhkan untuk dapat menghadapi beragam situasi ini. Beragam penelitian menunjukkan kecemasan sebenarnya dapat diredakan dengan alami lewat berbagai cara salah satunya melalui nutrisi yang dikonsumsi.

Lewat nutrisi yang tepat dengan memperhatikan keseimbangan gula, makanan dapat meredakan rasa cemas di dalam tubuh. Begitupun sebaliknya, makanan dapat memicu otak menjadi stres.

Berikut merupakan lima nutrisi yang dapat meredakan kecemasan.

1. Omega 3
Penelitian dari Ohio State University menunjukkan nutrisi yang sangat baik untuk mengurangi kecamasan adalah asam lemak omega 3. Omega ini banyak ditemukan pada ikan seperti salmon dan kacang-kacangan.

"Otak kita butuh asam lemak agar dapat berfungsi dengan baik. Jika Anda tidak makan yang bernutrisi, otak Anda akan bermasalah," kata ahli gizi Melissa Reagan Brunetti dikutip dari Reader's Digest.

 

2. Probiotik
Studi terbaru menemukan bahwa probiotik dapat mengobati dan mencegah perasaan cemas. Probiotik merupakan bakteri baik di dalam usus yang akan menghasilkan antibiotik dan membantu proses metabolisme serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Probiotik ini dapat ditemui di dalam suplemen atau makanan yang telah difermentasi seperti yogurt.

"Bakteri pada usus ini diperlukan untuk memproduksi neurotransmiter, termasuk serotonin, dopamin, dan GABA (asam gamma-aminobutyric), yang semuanya berperan dalam suasana hati," kata Brunetti.

 

3. Antioksidan
Riset dari State University of New York menemukan gejala kecemasan berhubungan dengan keadaan antioksidan yang rendah. Selain itu, antioksidan juga disebut dapat membantu meningkatkan suasana hati.

Antioksidan seperti betakaroten dapat ditemui pada wortel, ubi jalar, dan bayam. Sementara antioksidan dari vitamin C bisa di dapatkan dari jeruk, brokoli dan stroberi. Antioksidan dari vitamin E banyak terdapat di alpukat dan biji bunga matahari.

 

4. Magnesium
Sebuah penelitian di Austria terhadap tikus menemukan kandungan magnesium yang rendah meningkatkan rasa cemas. Penelitian itu juga menemukan bahwa magnesium juga dapat mengobati kesehatan mental manusia.

"Magnesium dapat menjadi penghalang masuknya otak stres ke otak," kata psikiater Emily Deans di Psychology Today.

Nutrisi magnesium bisa didapatkan dalam telur, dan sayuran hijau seperti bayam.

 

5. Air
Penelitian dari University of Connecticut menunjukan dehidrasi ringan dapat menyebabkan masalah suasana hati. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tubuh terhidrasi dengan baik agar dapat berfikir dengan jernih.

Selain mengonsumsi nutrisi ini, ada baiknya juga untuk menghindari beberapa makanan yang dapat meningkatkan kecemasan seperti makanan yang mengandung kafein,gula olahan, makanan cepat saji, dan alkohol.

 

(sumber: cnnindonesia)

Download Free Designs http://bigtheme.net/ Free Websites Templates

403 Forbidden