5 PESONA DESTINASI WISATA GORONTALO

5 PESONA DESTINASI WISATA GORONTALO

Ada banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi saat berlibur di Gorontalo. Provinsi hasil pemekaran ini ternyata menyimpan pantai-pantai yang indah dan eksotis. Dijamin, kamu tak perlu ke luar negeri untuk menikmati pemandangan birunya langit dan jernihnya air laut. Beberapa di antaranya bahkan masih jarang dikunjungi wisatawan. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut lima destinasi wisata menakjubkan di Provinsi Gorontalo. Simak, ya!

1. Pantai Ratu, Desa Tenilo
Pantai Ratu merupakan objek wisata yang tengah hits di kalangan traveler Gorontalo. Pantai ini terletak di Desa Tenilo, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. Siapa sangka awalnya Desa Tenilo ini merupakan desa pesisir pantai yang sepi. Namun berkat kreativitas kepala desa dan warganya, mereka berhasil menyulap desa pinggir pantai ini menjadi sebuah kawasan wisata yang ramai dan instagramable. Kini di pantai tersebut terdapat deretan gazebo dan koridor kayu berbentuk bintang raksasa. 

Sekilas, koridor kayu tersebut mirip dengan yang ada di Maldives. Wisatawan pun bisa berfoto di koridor kayu tersebut atau sekadar menikmati suasana pinggir pantai yang sejuk dengan airnya yang sebening kristal. Jika kamu ingin berburu kuliner, destinasi ini layak dikunjungi sebab banyak jajanan yang dijual warga lokal di pantai ini. Bagi kamu yang ingin berlibur di Pantai Ratu, destinasi ini berjarak sekitar 3 jam perjalanan dari pusat Kota Gorontalo. Pantai Ratu biasanya akan ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan atau hari libur nasional.

2. Pulau Popaya, Desa Dunu
Pernah berangan-angan liburan di pulau pribadi? Nah, Gorontalo ternyata punya beberapa pulau kecil, salah satunya bernama Pulau Popaya yang terletak di Desa Dunu, Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara. Pulau tak berpenghuni ini memiliki luas 2,42 hektare dan jika dikelilingi panjangnya sekitar 621,44 meter. Jaraknya pun tak terlalu jauh, hanya 20 menit menyeberang dari bibir pantai Desa Dunu.

Jika kamu berencana menginap di pulau ini, kamu harus membawa alat camping seperti tenda, karpet, selimut dan bekal makan. Konon, pulau ini sering didatangi wisatawan domestik bahkan mancanegara yang ingin berlibur menikmati sepi dan jauh dari hiruk pikuk kota. Airnya yang bening, pasir putih yang menawan dan hijaunya tumbuhan membuat Pulau Popaya terasa begitu eksotis. Jika kamu beruntung, kamu bisa snorkeling di pantai ini dan berpapasan dengan penyu. Sebab, Pulau Popaya juga merupakan kawasan konservasi bagi penyu-penyu.

3. Diyonumo Island
Tak kalah cantik dari Pulau Popaya, Pulau Diyonumo juga menyuguhkan panorama yang luar biasa. Pulau yang juga tak berpenghuni ini sangat cocok dijadikan tempat berkemah bagi kamu dan teman-teman. Dari pusat Kota Gorontalo, lokasi Pulau Diyonumo dapat ditempuh dalam waktu dua hingga tiga jam perjalanan darat menuju Kecamatan Sulamata. Dari sini kamu dapat meneruskan perjalanan hingga ke Desa Deme 2 yang menjadi tempat penyeberangan menuju Pulau Diyonumo. 

Penyeberangan dilakukan dengan kapal kecil milik warga lokal yang biasanya dipakai untuk mencari ikan. Penyeberangan ini hanya membutuhkan waktu kurang dari 15 menit. Sesampainya di Pulau Diyonumo, kamu bisa naik ke atas bukit. Dari puncak bukit inilah kamu akan disuguhi pemandangan elok tiada duanya. Bukit hijau yang sejuk berpadu dengan birunya laut membuat liburanmu bakal makin menyenangkan. Jangan lupa foto-foto kalau sampai di pulau ini ya!

4. Taman Laut Olele
Selain pantainya yang indah, kekayaan biota bawah laut yang ada di Gorontalo juga tak kalah memukau. Salah satu spot yang layak dikunjungi untuk melihat dunia bawah laut adalah Taman Laut Olele. Destinasi wisata ini berlokasi di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango. Butuh waktu sekitar 30-40 menit untuk sampai di taman laut ini. Jaraknya sekitar 20 km dari pusat Kota Gorontalo.

Di pantai ini kamu akan disambut dengan pasir putihnya yang bersih. Namun tetap saja, keindahan sesungguhnya justru berada di dalam laut. Cukup dengan snorkeling, kamu akan melihat karang warna-warni dengan beragam bentuk. Bahkan hanya di kedalaman dua meter, kamu bisa menyaksikan hamparan koral yang unik dan masih terjaga baik. Nah, ingat jika kamu berenang di sini, usahakan kaki tidak terpijak ke koral atau pun karang, ya.

5. Objek Wisata Air Panas Pentadio
Pentadio masih menjadi pilihan destinasi wisata yang populer di Gorontalo. Sumber panas alami yang ada di sini membuat wisatawan selalu ingin berkunjung kembali. Di sini ada mata air panas yang mengandung belerang. Konon dengan berendam di sini, selain untuk relaksasi, mata air ini juga dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit.

Pemandian yang terletak di Desa Pentadio, Kecamatan Telaga Biru, Kabupaten Gorontalo ini juga bersebelahan dengan Danau Limboto. Dalam bahasa Gorontalo, Petandio sendiri berarti pantai atau danau. Sehingga dari kawasan pemandian, wisatawan juga bisa sekaligus menikmati pesona Danau Limboto.

Gimana, tertarik ke Gorontalo?

(sumberkumparan)

 

 

 




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF