7 TIPS AGAR PAKAIAN TIDAK BAU APEK SAAT MUSIM HUJAN

7 TIPS AGAR PAKAIAN TIDAK BAU APEK SAAT MUSIM HUJAN

Selain banjir, salah satu masalah yang kerap dikhawatirkan saat musim hujan adalah pakaian yang mudah basah dan tidak kering sempurna karena sinar matahari yang minim. Alhasil, pakaian pun akan menghasilkan aroma tidak sedap, dan menimbulkan rasa tidak percaya diri saat memakainya.

Sebetulnya, ada beberapa cara untuk menghindari bau apek yang dihasilkan oleh pakaian yang basah. Salah satunya dengan memperhatikan cara mencuci baju. Selain itu, ternyata ada beberapa cara lain agar pakaian bebas bau apek saat musim hujan. Cara-cara apa sajakah itu? Berikut kumparanWOMAN rangkum informasinya dari berbagai sumber.

1. Perhatikan cara mencuci baju
Saat mencuci pakaian, usahakan untuk mengucek pakaian hingga bersih dan tidak ada detergen yang menempel pada pakaian. Sebab, aroma tidak sedap pada pakaian biasanya disebabkan oleh detergen yang masih menempel pada pakaian. Setelah dibilas, usahakan rendam baju Anda dengan pewangi pakaian khusus, agar aromanya bisa diserap oleh pakaian (meskipun tidak dijemur langsung di bawah sinar matahari).

2. Perhatikan saat proses penjemuran
Karena minimnya sinar matahari, sebaiknya proses penjemuran dilakukan di tempat terbuka yang terdapat angin. Usahakan agar tempat tersebut terkena lampu atau penerangan, agar baju cepat kering. Selain itu, pastikan jarak antar pakaian tidak terlalu dekat, sebab jika jarak antar pakaian terlalu dekat maka akan lebih lama untuk kering.

3. Manfaatkan alat elektronik untuk mengeringkan pakaian
Pakaian Anda masih basah meski sudah dijemur berhari-hari? Cobalah manfaatkan alat elektronik seperti hair dryer, kipas angin, atau microwave untuk mengeringkan pakaian secara instan. Anda bisa memasukkan pakaian ke dalam microwave dengan menggunakan wadah dalam suhu 130-159 derajat celcius selama 10 menit. Sedangkan, jika menggunakan hair dryer atau kipas angin, Anda cukup angin-anginkan pakaian basah hingga kering sempurna.

4. Jangan pernah menumpuk pakaian
Jika pakaian Anda sudah kering, angin-anginkan lagi pakaian dan jangan pernah langsung ditumpuk begitu saja. Sebab, pakaian yang langsung ditumpuk bisa menyebabkan pakaian bau apek. Setelah itu, setrika dan masukkan pakaian Anda ke dalam lemari agar tidak terhinggap jamur dan bau tidak sedap.

5. Setrika pakaian
Setelah melalui proses penjemuran, alangkah baiknya Anda langsung menyetrikanya agar pakaian bisa kering dengan sempurna. Saat menyetrika, pastikan bahwa suhunya sesuai dengan bahan pakaian. Setelah pakaian sudah kering, Anda bisa menyemprotkan pewangi lalu menyetrika lagi di tahap akhir untuk merapikan pakaian.

6. Simpan pakaian di lemari yang kering
Usahakan menyimpan pakaian yang telah disetrika dalam lemari yang kering. Sebab, tempat yang lembap bisa membuat pakaian menjadi bau apek. Selain itu, usahakan untuk menyimpan pakaian sesuai bahan dan jenis, agar memudahkan Anda dalam mencari pakaian yang diinginkan.

7. Gantunglah pakaian yang sudah dipakai
Jika pakaian yang sudah Anda kenakan masih bersih, gantunglah pakaian Anda di tempat yang kering supaya tidak bau apek. Tujuan menggantung pakaian ini juga bisa menghemat pakaian (karena bisa Anda kenakan lagi sesuai kebutuhan) dan membuat Anda jadi tak terlalu sering mencuci pakaian.

(sumber: kumparan)




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF