CARA MENJAWAB PERTANYAAN EKSPEKTASI GAJI SAAT WAWANCARA KERJA

CARA MENJAWAB PERTANYAAN EKSPEKTASI GAJI SAAT WAWANCARA KERJA

Pertanyaan soal gaji yang diharapkan akan selalu muncul dalam proses wawancara kerja. Jawaban Anda menjadi awal proses negosiasi. Namun, banyak orang memperdebatkan tentang perlu atau tidaknya jawaban mengenai ekspektasi gaji itu disampaikan dalam proses wawancara kerja.

Beberapa orang menyarankan untuk tidak menyertakan ekspektasi gaji. Sementara beberapa yang lain merasa tak masalah jika harus menyebutkan nominal gaji yang diharapkan. Konsultan sumber daya manusia, Kate Dixon mengatakan bahwa pada dasarnya, perusahaan mencari seseorang dengan ekspektasi gaji yang sesuai dengan apa yang akan diberikan. Tak terlalu berlebihan, tak juga terlalu kekurangan.

Mengutip Huffington Post, berikut beberapa cara untuk menjawab pertanyaan soal gaji yang diharapkan.

1. Tak menyertakan ekspektasi gaji dalam formulir lamaran kerja
Beberapa perusahaan mengharuskan calon karyawannya untuk mengisi formulir data diri lengkap, termasuk di antaranya nominal gaji yang diharapkan. "Jika itu [menyertakan ekspektasi gaji] tak wajib, Anda tak perlu memasukkan apa pun," ujar konsultan karier, Cynthia Pong. Alih-alih menyertakan nominal angka yang diharapkan, jawab lah secara sederhana dengan pernyataan bahwa Anda terbuka untuk proses negosiasi secara langsung.

2. Isi dengan kisaran nominal yang diharapkan
Beberapa konsultan karier menyarankan untuk tidak secara langsung menyertakan nominal angka yang diharapkan. Alih-alih menentukan nominal angka, Anda disarankan untuk menyertakan kisaran nominal yang diharapkan. Cara ini membuat Anda terlihat lebih fleksibel. Untuk mendapatkan gambaran soal kisaran gaji, Anda disarankan untuk melakukan riset terlebih dahulu dan banyak bertanya pada orang-orang yang bekerja dengan profesi yang sama. "Semakin banyak percakapan, semakin baik kisaran gaji yang bisa Anda tentukan," ujar Pong.

3. Kembalikan pertanyaan pada pewawancara
Taktik lain adalah dengan mengembalikan pertanyaan tersebut pada pewawancara. Lakukan riset terlebih dahulu tentang angka rata-rata gaji untuk profesi yang akan Anda lakoni. Konfirmasikan hal tersebut pada pihak pewawancara. "Menurut hasil riset saya, pekerjaan seperti ini dibayar antara X hingga Y. Apakah angka itu juga berlaku sama untuk perusahaan ini?" ujar Pong mencontohkan kalimat yang bisa Anda lontarkan pada pihak pewawancara. Jawaban semacam ini menunjukkan bahwa Anda dapat diajak bekerja sama dengan baik.

(sumbercnn indonesia)




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF