TIPS MENJAGA TUBUH TETAP SEHAT DI MUSIM PANCAROBA

TIPS MENJAGA TUBUH TETAP SEHAT DI MUSIM PANCAROBA

Musim pancaroba atau peralihan antara musim panas ke musim hujan telah tiba. Terkadang, musim ini membuat kita kerap kali mudah terserang penyakit. Penyakit yang biasanya menghampiri kita saat musim pancaroba di antaranya pilek, batuk, pusing, demam, hingga terjadinya ruam pada kulit. Ya, perubahan iklim yang drastis dari panas ke hujan atau sebaliknya dapat mempengaruhi sistem imun tubuh.

Untuk menjaga tubuh tetap bugar dan semangat beraktivitas di musim pancaroba, kita harus benar-benar memperhatikan pola hidup dan makan. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Indonesia, Prof. Dr. Ari Fahrial Syam di musim pancaroba ini kita wajib memastikan bahwa makanan yang dikonsumsi higienis dan berkualitas baik.

“Jadi kan yang tadinya musim panas lalu ke hujan itu kan virus atau bakteri yang ada di dalam (tanah) jadi terangkat dan mudah menyebar. Maka itu makanan harus diperhatikan sekali. Tidak boleh beli di tempat sembarangan,” ucapnya saat dihubungi kumparanWOMAN beberapa waktu lalu.

Tidak hanya itu saja, perubahan iklim yang cukup drastis akan ada penyesuaian tubuh yang dapat membuat kita terasa tidak enak badan. Namun, bila imun tubuh cukup kuat tanda-tanda sakit akibat pancaroba akan terhindari.

Memasuki musim hujan ini, terkadang membuat kita mengalami kehujanan. Menurut dr. Fienda Ferani, tubuh tidak bisa mengalami perubahan suhu yang drastis pula. Jadi ketika kehujanan dan akan masuk ke ruangan ber-ac seperti kantor, kita kembalikan dulu suhu tubuh normal.

“Setelah kehujanan itu kan dingin, jangan dulu langsung masuk ke ruangan ac, keringkan dulu badan, dan kembalikan tubuh ke suhu normal. Caranya ya diam dulu di suhu ruangan biasa kalau sudah tidak kedinginan baru masuk. Karena kalau sudah terlalu dingin nanti bisa alergi seperti flu atau ruam di kulit,” jelasnya.

Ia menambahkan, bila daya tahan tubuh menurun, dalam cuaca apapun akan mudah terkena penyakit. Namun memang pancaroba merupakan pemicu munculnya penyakit. Kembali lagi, jika imunitas tubuh baik maka akan sedikit sekali menimbulkan efek sakit. Supaya imun tubuh tetap terjaga, berikut tips dalam menjaga imun tubuh agar tetap sehat dalam cuaca apapun termasuk musim pancaroba.

1. Makan bergizi
Konsumsi makanan yang cukup, perbanyak buah, sayur, dan protein. Jadi tidak perlu makan yang berlebihan. Hindari makanan gorengan atau makanan yang sembarangan tidak diketahui jelas tentang kualitas dan higienisnya.

2. Olahraga yang cukup
Lakukan olahraga ringan dua atau tiga kali seminggu. Olahraga yang mudah dilakukan sehari-hari untuk menyeimbangkan imun tubuh, jalani durasi olahraga selama setengah jam atau sejam.

3. Jaga pola tidur
Biasakan tidur selama lima sampai delapan jam. Ini untuk menjaga tubuh dari kelelahan. Sebab ketika tubuh lelah dan gizi kurang mencukupi, ditambah perubahan iklim yang esktrem maka tubuh akan jadi mudah terserang penyakit.

4. Perbanyak minum air putih
Minimal minum air putih dua liter perhari. Ini berguna agar tubuh tidak kekurangan cairan dan mudah lemas. Selain itu, tubuh yang terus terhidrasi tidak gampang terkena penyakit.

Jadi, tetap jaga kesehatan selama musim pancaroba ini ya.

(sumberkumparan)




Copyright © 2018 BahanaFM
Powered by

MEMBER OF